RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Nama Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : X/
I
Materi Pokok : Bilangan
Real
Alokasi Waktu : 6
Jam pelajaran (3 kali
pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan
real
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menerapkan operasi pada
bilangan irasional.
C.
Indikator
Pertemuan pertama
1.
Memahami bentuk akar
2.
Menyederhanakan bentuk akar
3.
Mengoperasikan bentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk akar
2.
Menjelaskan pengertian bilangan irrasional
Pertemuan ketiga
1.
Mengetahui dan memahami operasi bilangan
irasional
2.
Menyederhanakan bilangan rasional
3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan irasional.
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1.
Siswa
mampu memahami bentuk akar
2.
Siswa mampu menyederhanakan bentuk akar
3.
Siswa mampu melakukan operasi dalam
bentuk akar
Pertemuan kedua
1.
Siswa mampu mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk akar
2.
Siswa mampu mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk yang bukan akar
3.
Siswa mampu memahami bilangan irasional
Pertemuan ketiga
1.
Siswa dapat memahami konsep bilangan irasional
2.
Siswa mampu menyederhankaan suatu bilangan
irasional
3.
Siswa mampu menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan irasional.
Karakter
siswa yang diharapkan:
1.
Cermat
2.
Teliti
3.
Mandiri
4.
Kerja keras dan rasa ingin tahu
5.
Tanggung jawab
E.
Alokasi waktu
2 x
45 menit ( per kali pertemuan)
F.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ekspositori
2.
Metode Tanya Jawab
3.
Metode Pemberian Tugas
G.
Materi ajar
Pertemuan pertama
1.
Bilangan real kebentuk akar
Bentuk akar adalah
akar dari suatu
bilangan yang nilainya memuat banyak angka desimal tak terhingga.contoh:
, ,
2.
Menyederhanakan bentuk akar
Bentuk akar dapat disederhanakan dengan cara mengubah bilangan didalam akar tersebut menjadi dua
bilangan dimana bilangan yang satu dapat diakarkan sedang bilangan yang lain tidak dapat
diakarkan.
3.
Mengoperasikan bentuk akar
a)
Penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
, berlaku apabila a dan b sama
b) Perkalian bilangan real dengan bentuk akar
c) Pembagian bentuk akar
Pertemuan kedua
4.
Mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk akar
5.
Mengklasifikasikan bilangan real
kebentuk bukan akar
6.
Pengertian bilangan irasional
Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk
Bilangan irrasional disebet juga bilangan tak rasional.
Bilangan irasional diklasifikasikan menjadi 2 kelompok yaitu:
a) Bilangan pecahan desimal tak terbatas tak berulang.
Contoh:
b) Bilangan yang berbentuk akar
Contoh:
...
= 1,732050808...
Pertemuan ketiga
7.
Operasi bilangan irasional
1) Penjumlahan dan pengurangan
Bilangan irasional tidak dapat
dijumlahkan kecuali bilangan itu sejenis,karena besarnya tidak terukur.
Contoh :
( tidak bisa digabung menjadi )
2) Perkalian bentuk akar
Ingat bahwa
8.
Menyederhanakan bilangan rasional
1) Memperkecil bilangan dibawah tanda akar:
2) Merasionalkan penyebut suatu pecahan
Contoh :
9.
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
bilangan irasional
H.
Langkah – langkah
pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan
|
Aktifitas
Guru
|
Aktifitas
Siswa
|
Waktu
|
Karakter
yang diharapkan
|
||
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam dan meminta siswa memimpin doa
- guru mengabsen siswa
Apersepsi
-
Guru mengingat kembali
tentang bilangan .
|
-
Siswa
menjawab salam dan berdoa bersama
-
Siswa
merespon absen guru
-
Siswa mengingat tentang bilangan
|
10 menit
|
-
Religious
-Disiplin dan kepedulian
-Berfikir kritis dan kreatif dan rasa ingin tahu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar